Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) - berbagi informasi yang menarik

Latest

Jumat, 26 Mei 2017

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

hy salam sehat dan salam sejahtera.
kali ini saya akan membagikan contoh bagaimana membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).
langsung saja..........................................


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Tema                                                  : Lingkunganku
Kelas/semeester                                  : III / I
Alokasi waktu                                    : 1 x 20 menit
Model Pembelajaran                           : Integrated
Mata Pelajaran yang dipadukan         : IPA dan IPS
1.      Standar Kompetensi
IPA
Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan.
IPS
Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah.
2.      Kompetensi Dasar
IPA
Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan.
IPS
Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
3.      Indikator
IPA
Siswa dapat membedakan lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat darigambar.
IPS
Siswa dapat mengelompokan lingkungan alami dan buatan di sekitar sekolah.
4.      Materi
IPA
Perbedaan antara lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat :
·         Lingkungan sehat adalah lingkungan yang bersih.
·         Lingkungan tidak sehat adalah lingkungan yang tidak memenuhi syarat kesehatan.


IPS
Cara menjaga lingkungan alam :
·         Menjaga kelestarian air
·         Menjaga kelestarian udara
·         Menjaga kesuburan tanah
Cara menjaga lingkungan buatan :
·         Menjaga ketertiban lingkungan
·         Menjaga kebersihan lingkungan
·         Menjaga kebersihan aquarium
5.      Langkah-langkah Pembelajaran
·         Kegiatan Awal
ü  Guru memasuki kelas.
ü  Siswa berdo’a dipimpin oleh ketua kelas.
ü  Guru mengecek kehadiran siswa.
ü  Guru melakukan apersepsi.
ü  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
·         Kegiatan Inti
ü  Guru menunjukan beberapa gambar yang menunjukan keadaan suatu lingkungan.
ü  Siswa mengidentifikasi gambar tersebut, apakah termasuk kedalam lingkungan sehat atau tidak sehat.
ü  Siswa menyebutkan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan gambar.
ü  Guru menempelkan beberapa gambar mengenai lingkungan alami dan buatan di papan tulis.
ü  Siswa mengidentifikasi gambar tersebut, mana yang termasuk lingkungan alami dan mana yang termasuk lingkungan buatan.
ü  Siswa di bagi menjadi 2 kelompok, untuk mengerjakan LKS 1.
ü  Setiap perwakilan kelompok maju untuk mempresentasikan tanggapan dalam LKS 1
ü  Guru dan siswa melakukan refleksi dan menanyakan apa yang tidak di ketahui siswa
ü  Guru meluruskan tanggapan siswa yang kurang tepat
·         Kegiatan Akhir
ü  Guru bersama siswa menyimpulkan pembelajaran.
ü  Guru memberikan soal evaluasi di papan tulis
ü  Guru mengondisikan siswa untuk pulang.
6.      Sumber dan Media
·         Sumber :
ü  Depdiknas (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Untuk mata pelajaran IPA, IPS, PKn. Dan B.Indonesia.
ü  Priyono. (2008). Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : Pusat Perbukuan.
ü  Sunarso. (2008). Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta : Pusat Perbukuan.
ü  Slamet, dkk. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta : Pusat Perbukuan.
ü  Edi Warsidi. (2008). Bahasa Indonesia. Jakarta : Pusat Perbukuan.
·         Media : gambar. Kertas manila, lingkungan, kartu bergambar.
7.      Pendekatan dan Metode
·         Pendekatan : Integreted (Terpadu).
·         Metode : Demonstrasi, Diskusi, Inquiry, pengamatan
8.      Penilaian
·         Prosedur : Proses dan hasil
·         Jenis Penilaian : Lisan dan Tertulis
·         Bentuk : Isian
·         Alat : LKS
·         Kriteria Penilaian Keaktifan
3  -> Aktif bertanya dan menjawab
2  -> Hanya aktif menjawab atau aktif bertanya
1  -> Pasif saat pembelajaran
·         Kriteria Penilaian Tes Hasil
Nilai 10 -> Menjawab 5 soal semua dengan benar
Nilai 8   -> Menjawab 4 soal dengan benar
Nilai 6   -> Menjawab 3 soal dengan benar
Nilai 4   -> Menjawab 2 soal dengan benar
Nilai 2   -> Menjawab 1 soal dengan benar

Kuningan, 10 juni 2015
Mengetahui,                                                                  
    Kepala Sekolah                                                                                    Guru Kelas




(.......................... )                                                                               (......................... )
NIP.                                                                                        NIM.






















 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Tema                                                  : Lingkunganku
Kelas/semeester                                  : III / I
Alokasi waktu                                    : 1 x 20 menit
Model Pembelajaran                           : Integrated
Mata Pelajaran yang dipadukan         : IPA dan IPS
1.      Standar Kompetensi
IPA
Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan.
IPS
Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah.
2.      Kompetensi Dasar
IPA
Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan.
IPS
Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
3.      Indikator
IPA
Siswa dapat membedakan lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat darigambar.
IPS
Siswa dapat mengelompokan lingkungan alami dan buatan di sekitar sekolah.
4.      Materi
IPA
Perbedaan antara lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat :
·         Lingkungan sehat adalah lingkungan yang bersih.
·         Lingkungan tidak sehat adalah lingkungan yang tidak memenuhi syarat kesehatan.


IPS
Cara menjaga lingkungan alam :
·         Menjaga kelestarian air
·         Menjaga kelestarian udara
·         Menjaga kesuburan tanah
Cara menjaga lingkungan buatan :
·         Menjaga ketertiban lingkungan
·         Menjaga kebersihan lingkungan
·         Menjaga kebersihan aquarium
5.      Langkah-langkah Pembelajaran
·         Kegiatan Awal
ü  Guru memasuki kelas.
ü  Siswa berdo’a dipimpin oleh ketua kelas.
ü  Guru mengecek kehadiran siswa.
ü  Guru melakukan apersepsi.
ü  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
·         Kegiatan Inti
ü  Guru menunjukan beberapa gambar yang menunjukan keadaan suatu lingkungan.
ü  Siswa mengidentifikasi gambar tersebut, apakah termasuk kedalam lingkungan sehat atau tidak sehat.
ü  Siswa menyebutkan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan gambar.
ü  Guru menempelkan beberapa gambar mengenai lingkungan alami dan buatan di papan tulis.
ü  Siswa mengidentifikasi gambar tersebut, mana yang termasuk lingkungan alami dan mana yang termasuk lingkungan buatan.
ü  Siswa di bagi menjadi 2 kelompok, untuk mengerjakan LKS 1.
ü  Setiap perwakilan kelompok maju untuk mempresentasikan tanggapan dalam LKS 1
ü  Guru dan siswa melakukan refleksi dan menanyakan apa yang tidak di ketahui siswa
ü  Guru meluruskan tanggapan siswa yang kurang tepat
·         Kegiatan Akhir
ü  Guru bersama siswa menyimpulkan pembelajaran.
ü  Guru memberikan soal evaluasi di papan tulis
ü  Guru mengondisikan siswa untuk pulang.
6.      Sumber dan Media
·         Sumber :
ü  Depdiknas (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Untuk mata pelajaran IPA, IPS, PKn. Dan B.Indonesia.
ü  Priyono. (2008). Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : Pusat Perbukuan.
ü  Sunarso. (2008). Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta : Pusat Perbukuan.
ü  Slamet, dkk. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta : Pusat Perbukuan.
ü  Edi Warsidi. (2008). Bahasa Indonesia. Jakarta : Pusat Perbukuan.
·         Media : gambar. Kertas manila, lingkungan, kartu bergambar.
7.      Pendekatan dan Metode
·         Pendekatan : Integreted (Terpadu).
·         Metode : Demonstrasi, Diskusi, Inquiry, pengamatan
8.      Penilaian
·         Prosedur : Proses dan hasil
·         Jenis Penilaian : Lisan dan Tertulis
·         Bentuk : Isian
·         Alat : LKS
·         Kriteria Penilaian Keaktifan
3  -> Aktif bertanya dan menjawab
2  -> Hanya aktif menjawab atau aktif bertanya
1  -> Pasif saat pembelajaran
·         Kriteria Penilaian Tes Hasil
Nilai 10 -> Menjawab 5 soal semua dengan benar
Nilai 8   -> Menjawab 4 soal dengan benar
Nilai 6   -> Menjawab 3 soal dengan benar
Nilai 4   -> Menjawab 2 soal dengan benar
Nilai 2   -> Menjawab 1 soal dengan benar

Kuningan, 10 juni 2015
Mengetahui,                                                                  
    Kepala Sekolah                                                                                    Guru Kelas




(.......................... )                                                                               (......................... )
NIP.                                                                                        NIM.

























Soal Evaluasi!
1.      Sebutkan masing-masing dua ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat!
2.      Sebutkan tiga contoh lingkungan alami dan lingkungan buatan!
3.      Apa yang kalian lakukan jika melihan halaman rumah banyak berserakan sampah-sampah?

Kunci jawaban
1.      Lingkungan sehat : bersih, banyak pohon, udara segar. Lingkungan tidak sehat : kotor, bau, sarang penyakit.
2.      Lingkungan alami : pantai, pegunungan, laut, kutub. Lingkungan buatan : sawah, perkebunan, pemukiman, kolam.
3.      Mengambil alat kebersihan, kemudian membersihkannya.


Soal Evaluasi!
1.      Sebutkan masing-masing dua ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat!
2.      Sebutkan tiga contoh lingkungan alami dan lingkungan buatan!
3.      Apa yang kalian lakukan jika melihan halaman rumah banyak berserakan sampah-sampah?

Kunci jawaban
1.      Lingkungan sehat : bersih, banyak pohon, udara segar. Lingkungan tidak sehat : kotor, bau, sarang penyakit.
2.      Lingkungan alami : pantai, pegunungan, laut, kutub. Lingkungan buatan : sawah, perkebunan, pemukiman, kolam.
3.      Mengambil alat kebersihan, kemudian membersihkannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar