hy salam sehat dan salam sejahtera.
kali ini saya akan membagikan contoh bagaimana membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).
langsung saja..........................................
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Tema : Lingkunganku
Kelas/semeester
: III / I
Alokasi
waktu : 1 x 20 menit
Model
Pembelajaran :
Integrated
Mata
Pelajaran yang dipadukan : IPA dan
IPS
1.
Standar Kompetensi
IPA
Memahami
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya
menjaga kesehatan lingkungan.
IPS
Memahami
lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah.
2.
Kompetensi Dasar
IPA
Membedakan
ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan.
IPS
Memelihara
lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
3.
Indikator
IPA
Siswa
dapat membedakan lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat darigambar.
IPS
Siswa
dapat mengelompokan lingkungan alami dan buatan di sekitar sekolah.
4.
Materi
IPA
Perbedaan antara lingkungan
sehat dan lingkungan tidak sehat :
·
Lingkungan sehat adalah lingkungan yang
bersih.
·
Lingkungan tidak sehat adalah lingkungan
yang tidak memenuhi syarat kesehatan.
IPS
Cara menjaga lingkungan
alam :
·
Menjaga kelestarian air
·
Menjaga kelestarian udara
·
Menjaga kesuburan tanah
Cara menjaga lingkungan
buatan :
·
Menjaga ketertiban lingkungan
·
Menjaga kebersihan lingkungan
·
Menjaga kebersihan aquarium
5.
Langkah-langkah Pembelajaran
·
Kegiatan Awal
ü Guru
memasuki kelas.
ü Siswa
berdo’a dipimpin oleh ketua kelas.
ü Guru
mengecek kehadiran siswa.
ü Guru
melakukan apersepsi.
ü Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
·
Kegiatan Inti
ü Guru
menunjukan beberapa gambar yang menunjukan keadaan suatu lingkungan.
ü Siswa
mengidentifikasi gambar tersebut, apakah termasuk kedalam lingkungan sehat atau
tidak sehat.
ü Siswa
menyebutkan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan
gambar.
ü Guru
menempelkan beberapa gambar mengenai lingkungan alami dan buatan di papan
tulis.
ü Siswa
mengidentifikasi gambar tersebut, mana yang termasuk lingkungan alami dan mana
yang termasuk lingkungan buatan.
ü Siswa
di bagi menjadi 2 kelompok, untuk mengerjakan LKS 1.
ü Setiap
perwakilan kelompok maju untuk mempresentasikan tanggapan dalam LKS 1
ü Guru
dan siswa melakukan refleksi dan menanyakan apa yang tidak di ketahui siswa
ü Guru
meluruskan tanggapan siswa yang kurang tepat
·
Kegiatan Akhir
ü Guru
bersama siswa menyimpulkan pembelajaran.
ü Guru
memberikan soal evaluasi di papan tulis
ü Guru
mengondisikan siswa untuk pulang.
6.
Sumber dan Media
·
Sumber :
ü Depdiknas
(2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Untuk mata pelajaran IPA,
IPS, PKn. Dan B.Indonesia.
ü Priyono.
(2008). Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : Pusat Perbukuan.
ü Sunarso.
(2008). Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta : Pusat Perbukuan.
ü Slamet,
dkk. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta : Pusat Perbukuan.
ü Edi
Warsidi. (2008). Bahasa Indonesia. Jakarta : Pusat Perbukuan.
·
Media : gambar. Kertas manila,
lingkungan, kartu bergambar.
7.
Pendekatan dan Metode
·
Pendekatan : Integreted (Terpadu).
·
Metode : Demonstrasi,
Diskusi, Inquiry, pengamatan
8.
Penilaian
·
Prosedur : Proses dan hasil
·
Jenis Penilaian : Lisan dan Tertulis
·
Bentuk : Isian
·
Alat : LKS
·
Kriteria Penilaian Keaktifan
3 -> Aktif bertanya dan
menjawab
2 -> Hanya aktif menjawab
atau aktif bertanya
1 -> Pasif saat pembelajaran
·
Kriteria Penilaian Tes Hasil
Nilai 10 -> Menjawab 5 soal semua
dengan benar
Nilai 8 -> Menjawab 4
soal dengan benar
Nilai 6 -> Menjawab 3
soal dengan benar
Nilai 4 -> Menjawab 2
soal dengan benar
Nilai 2 -> Menjawab 1
soal dengan benar
Kuningan, 10 juni 2015
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Guru Kelas
(..........................
)
(......................... )
NIP.
NIM.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Tema : Lingkunganku
Kelas/semeester
: III / I
Alokasi
waktu : 1 x 20 menit
Model
Pembelajaran :
Integrated
Mata
Pelajaran yang dipadukan : IPA dan
IPS
1.
Standar Kompetensi
IPA
Memahami
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya
menjaga kesehatan lingkungan.
IPS
Memahami
lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah.
2.
Kompetensi Dasar
IPA
Membedakan
ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan.
IPS
Memelihara
lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
3.
Indikator
IPA
Siswa
dapat membedakan lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat darigambar.
IPS
Siswa
dapat mengelompokan lingkungan alami dan buatan di sekitar sekolah.
4.
Materi
IPA
Perbedaan antara lingkungan
sehat dan lingkungan tidak sehat :
·
Lingkungan sehat adalah lingkungan yang
bersih.
·
Lingkungan tidak sehat adalah lingkungan
yang tidak memenuhi syarat kesehatan.
IPS
Cara menjaga lingkungan
alam :
·
Menjaga kelestarian air
·
Menjaga kelestarian udara
·
Menjaga kesuburan tanah
Cara menjaga lingkungan
buatan :
·
Menjaga ketertiban lingkungan
·
Menjaga kebersihan lingkungan
·
Menjaga kebersihan aquarium
5.
Langkah-langkah Pembelajaran
·
Kegiatan Awal
ü Guru
memasuki kelas.
ü Siswa
berdo’a dipimpin oleh ketua kelas.
ü Guru
mengecek kehadiran siswa.
ü Guru
melakukan apersepsi.
ü Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
·
Kegiatan Inti
ü Guru
menunjukan beberapa gambar yang menunjukan keadaan suatu lingkungan.
ü Siswa
mengidentifikasi gambar tersebut, apakah termasuk kedalam lingkungan sehat atau
tidak sehat.
ü Siswa
menyebutkan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan
gambar.
ü Guru
menempelkan beberapa gambar mengenai lingkungan alami dan buatan di papan
tulis.
ü Siswa
mengidentifikasi gambar tersebut, mana yang termasuk lingkungan alami dan mana
yang termasuk lingkungan buatan.
ü Siswa
di bagi menjadi 2 kelompok, untuk mengerjakan LKS 1.
ü Setiap
perwakilan kelompok maju untuk mempresentasikan tanggapan dalam LKS 1
ü Guru
dan siswa melakukan refleksi dan menanyakan apa yang tidak di ketahui siswa
ü Guru
meluruskan tanggapan siswa yang kurang tepat
·
Kegiatan Akhir
ü Guru
bersama siswa menyimpulkan pembelajaran.
ü Guru
memberikan soal evaluasi di papan tulis
ü Guru
mengondisikan siswa untuk pulang.
6.
Sumber dan Media
·
Sumber :
ü Depdiknas
(2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Untuk mata pelajaran IPA,
IPS, PKn. Dan B.Indonesia.
ü Priyono.
(2008). Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : Pusat Perbukuan.
ü Sunarso.
(2008). Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta : Pusat Perbukuan.
ü Slamet,
dkk. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta : Pusat Perbukuan.
ü Edi
Warsidi. (2008). Bahasa Indonesia. Jakarta : Pusat Perbukuan.
·
Media : gambar. Kertas manila,
lingkungan, kartu bergambar.
7.
Pendekatan dan Metode
·
Pendekatan : Integreted (Terpadu).
·
Metode : Demonstrasi,
Diskusi, Inquiry, pengamatan
8.
Penilaian
·
Prosedur : Proses dan hasil
·
Jenis Penilaian : Lisan dan Tertulis
·
Bentuk : Isian
·
Alat : LKS
·
Kriteria Penilaian Keaktifan
3 -> Aktif bertanya dan
menjawab
2 -> Hanya aktif menjawab
atau aktif bertanya
1 -> Pasif saat pembelajaran
·
Kriteria Penilaian Tes Hasil
Nilai 10 -> Menjawab 5 soal semua
dengan benar
Nilai 8 -> Menjawab 4
soal dengan benar
Nilai 6 -> Menjawab 3
soal dengan benar
Nilai 4 -> Menjawab 2
soal dengan benar
Nilai 2 -> Menjawab 1
soal dengan benar
Kuningan, 10 juni 2015
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Guru Kelas
(..........................
)
(......................... )
NIP.
NIM.
Soal Evaluasi!
1.
Sebutkan masing-masing dua ciri lingkungan
sehat dan lingkungan tidak sehat!
2.
Sebutkan tiga contoh lingkungan alami dan
lingkungan buatan!
3.
Apa yang kalian lakukan jika melihan
halaman rumah banyak berserakan sampah-sampah?
Kunci jawaban
1.
Lingkungan sehat : bersih, banyak pohon,
udara segar. Lingkungan tidak sehat : kotor, bau, sarang penyakit.
2.
Lingkungan alami : pantai,
pegunungan, laut, kutub. Lingkungan buatan : sawah, perkebunan, pemukiman,
kolam.
3.
Mengambil alat kebersihan, kemudian
membersihkannya.
Soal Evaluasi!
1.
Sebutkan masing-masing dua ciri lingkungan
sehat dan lingkungan tidak sehat!
2.
Sebutkan tiga contoh lingkungan alami dan
lingkungan buatan!
3.
Apa yang kalian lakukan jika melihan
halaman rumah banyak berserakan sampah-sampah?
Kunci jawaban
1.
Lingkungan sehat : bersih, banyak pohon,
udara segar. Lingkungan tidak sehat : kotor, bau, sarang penyakit.
2.
Lingkungan alami : pantai,
pegunungan, laut, kutub. Lingkungan buatan : sawah, perkebunan, pemukiman,
kolam.
3.
Mengambil alat kebersihan, kemudian
membersihkannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar